Langsung ke konten utama

Mengurus SKCK di Polrestabes Makassar

SKCK merupakan kepanjangan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia . SKCK sendiri berfungsi untuk berbagai hal , misalnya saja untuk melamar pekerjaan , daftar ke sekolah kedinasan dan masih banyak lagi.
Kali ini saya akan menunjukan bagaimana tata cara pengurusan SKCK di Polrestabes Makassar .


CATATAN ! Saya bukan asli warga Makassar , saya asli Tulungagung , Jawa Timur . Akan tetapi karena ada suatu urusan saya pindah KTP di Makassar dan SAH menjadi warga negara Makassar wkwk . Berikut Tata Cara Pengurusan SKCK di Makassar
PERTAMA !!!
Baiklah, yang pertama yang harus kalian persiapakan yaitu persyaratan persyaratan yang dibutuhkan untuk mencari SKCK . Yaitu :
1. Foto Copy KK Makassar 5 lembar
2. Foto Copy KTP Makassar 5 lembar
3. Foto Copy Ijazah Terakhir 5 lembar
4. Pas Foto 2x3 5 lembar
5. Pas Foto 3x4 5 lembar
6. Pas Foto 4x6 8 lembar
Alangkah baiknya jika dokumen dokumen diatas dilebihkan , tetapi ada beberapa dokumen yang sudah saya lebihkan, supaya si pencari SKCK tidak kesusahan untuk bolak balik mempersiapkan dokumen tersebut .
KEDUA !!!
Lanjut ke langkah yang kedua, kamu harus pergi ke RT/RW untuk mencari surat pengantar. Bilang saja ke Pak RT/RW mau mencari Surat Pengantar untuk membuat SKCK . Setelah itu akan dibuatkan oleh beliau , waktu itu saya hanya disuruh untuk memberikan Foto Copy KTP 1 lembar saja.
KETIGA !!!
Datang ke Kantor Lurah dengan membawa Surat Pengantar dari RT/RW tadi . Utarakan maksud Anda kalau ingin mengurus SKCK. Setelah itu akan dibuatkan Surat Pengantar dari Lurah .
KEEMPAT !!!
Pergi ke Polsek dengan membawa berkas berkas dari lurah tadi . Di Polsek kita diminta memberikan
1. Surat Pengantar dari Lurah
2. Foto Copy KK 2 lembar
3. Foto Copy KTP 2 lembar
4. Foto Copy Ijazah Terakhir 2 lembar
5. Pas Foto 4x6 2 lembar
6. Pas Foto 3x4 2 lembar
Waktu itu saya datang ke Polsek Biringkanaya Makassar . Setelah itu petugas akan mengurusnya . Waktu itu saya datang pukul 12 siang dan disuruh kembali pukul 1 siang. Datang ke Polsek hanya untuk mengambil berkas dan ditanda tangani oleh Kepala Polsek dan diberikan arahan selanjutnya akan kemana.
(((NB !!!))) Usahakan sediakan waktu 2 hari untuk mengurus SKCK , ini kalau menurut saya yaaa ! Hari Pertama digunakan untuk mengurus persyaratan dari persiapan berkas hingga datang ke Polsek . Dan Hari Kedua digunakan untuk datang ke Polrestabes Makassar .
KELIMA !!!
Hari Kedua yaa ! Datang pagi pagi ke Polrestabes Makassar , waktu itu saya datang pukul 8 pagi . Disana masih sangat sepi , sehingga tidak terlalu antri . Masuk ke loket SKCK dan berikan berkas dari Polsek kemarin , setelah itu Anda akan diberikan Kartu TIK , untuk petunjuk pengisian ada di bagian depan loket SKCK yaa . Setelah itu kita diarahkan untuk ke Loket Sidik Jari , disini kita diminta isi formulir dan memberikan
1. Pas Foto 4x6 1 lembar
2. Pas Foto 2x3 2 lembar
Untuk ditempel di formulir yang sudah Anda isi tadi lalu Anda akan di Cap Sidik Jarinya dan petugas akan menulis sidik jari Anda. Setelah itu datang kembali ke loket SKCK , dengan memberikan Kartu TIK yang sudah ditulisi sidik jari Anda. Serahkan ke petugas loket dengan memberikan
1. Foto Copy KK 1 lembar
2. Foto Copy KTP 1 lembar
3. Foto Copy Ijazah Terakhir 1 lembar
4. Pas Foto 4x6 4 lembarlembar
Setelah itu tulis nomor hp Anda yang masih aktif di kanan atas Kartu TIK dan keperluan Anda di bawah Kartu TIK.
Setelah itu tunggu nama Anda di panggil dan membayar uang 30rb . Jika Anda ingin melegalisir SKCK Anda , Anda dapat datang ke ruang dekat loket SKCK tadi , jika bingung tanya ke petugas . Yeayy !! SKCK sudah jadi !!
(((NB !!!)))
1. SKCK hanya berlaku 6 bulan yaa !
2. INGAT !! Pas Foto semua berlatar belakang MERAH yaaa
3. Untuk mengurus perpanjangan SKCK sepertinya hanya menyiapkan Foto Copy KTP dan datang ke Polrestabes Makassar .
4. Datang pagi yaa ! Takutnya antrinya mengular
5. Saya datang pukul 8 pukul 10 SKCK saya sudah jadi

Jangan Takut dengan Petugas nya , petugasnya super baik , jika tidak tau jangan segan untuk bertanya !
SELAMAT MENCOBA!!! :)

Komentar